03 Desember, 2007

Hari Aids

Sabtu, 1/12/2007 - 13:28 WIB (okezone.com)
BEM UGM: Kondom Bukan Solusi Terbaik Cegah HIV/AIDS!

YOGYAKARTA - Memeperingati hari AIDS sedunia puluhan mahasiswa UGM menggelar aksi simpatik dalam upaya pencegahan penyebaran HIV/AIDS. Mereka menolak kampanye kondom sebagai salah satu solusi.

Dalam aksinya, puluhan aktivis yang tergabung dalam BEM KM UGM itu mengusung tema "Kondom Bukan Solusi Terbaik" dalam upaya pencegahan penyebaran HIV/AIDS, di bundaran kampus UGM, Bulaksumur, Yogyakarta, Sabtu (1/12/2007).

� Kita menilai kondom bukan solusi terbaik. Justru dengan pembagian kondom kan ini sekaligus � melegalisasi” seks bebas di masyarakat. Ini harus diluruskan. Apalagi ada outlet kondom segala,” kata Presiden BEM KM UGM Agung Budiono, dalam orasinya.

Menurutnya, yang lebih tepat dilakukan oleh pemerintah adalah menggiatkan kampanye anti seks bebas, anti narkoba serta mensosialisasikan bagaimana gaya hidup sehat, khususnya di kalangan generasi muda. Pemerintah saat ini terlihat masih terkendala dalam kontinuitas serta prioritas dalam pemberantasan HIV/AIDS.
Bisa jadi pemerintah tak punya prioritas kuat dan jelas mengenai pemberantasan HIV/AIDSA ini. Justru lembaga-lembaga sosial pemerhati HIV/AIDS inilah yang aktif dalam berbagai upaya pencegahan,” tambah Agung.

Dalam aksi simpatik ini, BEM UGM juga mengajak seluruh masyarakat untuk kembali pada pola hidup sehat serta menghindari seks bebas dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Selain itu mengimbau kepada pemerintah untuk lebih meningkatkan kinerja dan keseriusan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran HIV/AIDS serta meningkatkan sosialisasi mengenai IV/AIDS kepada masyarakat.

Aksi itu juga disertai teatrikal tiruan Kondom serta Virus HIV/Aids yang diperankan oleh beberapa mahasiswa UGM. Selain itu mereka juga membagikan bunga dan simbol anti HIV/Aids kepada masyarakat. (Satria Nugraha / Trijaya / pie)

Tidak ada komentar: